Jumat, 04 Desember 2020

STRUKTUR KEBAHASAAN

 


PART 3
PREPOSITION  & CONJUNCTION

6.        PREPOSITION

Preposition dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai kata depan. Kata ini digunakan untuk menghubungkan kata benda (noun), kata ganti benda (pronoun), atau frasa (phrase) dengan kata lainnya dalam sebuah kalimat. Preposition ini terletak di depan sebuah kata benda dalam kalimat. Terkadang preposition bisa ditemukan di depan kata kerja gerund. Contoh dari preposition antara lain in, on, above, of, off, with, during, before, after, at, in front of, front of, back of, beside, behind, next to, to, under, below, bottom, over, for, etc. Macam kata depan ini dapat dilihat di http://blog.prepscholar.com/what-is-a-preposition-definition-meaning-examples  

7.        CONJUNCTION

Conjunction dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kata sambung. Kata ini digunakan untuk menghubungkan dua konstruksi kata atau kalimat yang sejajar tingkatannya seperti kata sifat dengan kata sifat, frasa dengan frasa atau kalimat tunggal dengan kalimat tunggal. Kata atau kelompok ini dapat dibedakan menjadi coordinate, correaltive, subordinate dan adverbial conjunction. Coordinate conjunction berfungsi sebagai penghubung untuk dua kalimat (independent clause) dalam compound senetence lihat di http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-conjunctions seperti di tabel berikut:

1

She likes burger and fried chicken.                                                       

(Dia suka burger dan ayamgoreng)

2

They will go picnic in this weekend but the  day rains hard (Mereka akan piknik akhir pekan tetapi hari itu hujan deras)

 

Sementara Correlative Conjunction merupakan kata penghubung yang digunakan berpasangan. Contohnya antara lain both ... and ..., between ... and ..., whether ... or ..., the more ... the less ..., rather ... than ...,  not ... but ..., etc. Ini dapat dilihat di http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-conjunctions.  Contoh kalimat seperti di bawah ini:

1

Not only he works from home but also all workers do in Pandemi                                                        

(Tidak hanya dia bekerja dari rumah tetapi juga semua pekerja melakukan yang sama saat Pandemi)

2

Whether she knew or she didn’t, the lecturer asks her to come in  (Apakah dia tahu atau tidak, dosen itu memintanya datang ke ruangnya)

 

Subordinate Conjunction merupakan kata penghubung yang berada di awal kalimat subordinate-clause yang disebut juga adverbial clause. Adverbial clause ini berfungsi  membangun gagasan antara subordinate clause dengan main clause (independent clause) sehingga membentuk Complex sentence. Contoh kata sambung ini antara lain adalah when, while, after, before, whenever, since, as soon as, although, though, event though, whereas, even if, as, as if, only, if, as though, because, because of, so that, in order that, providing, unless, as loong as, otherwise, till, until, etc. http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-conjunctions. Berikut ini adalah macam contoh-contohnya:

1

While you were waiting in the bus stop, I was meeting with the headmaster for the scholarship                                                       

(Sementara kamu sedang menunggu di halte bus, saya sedang menemui kepala sekolah untuk beasiswa)

2

He did as though he had known nothing at all   (dia bersikap seolah-olah dia tidak tahu apa-apa)

3

My mother would give my willing only if I did to choose the program

(Ibuku akan memenuhi keinginanku hanya jika aku memilih jurusan itu)

 

Conjunctive adverb ini merupakan adverb (keterangan penjelas) atau adverbial phrase yang menghubungkan dua kalimat logis pada independent clause yang berurutan macam contoh-contohnya terdapat di http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-conjunctions antara lain beside, also, still, on the other hand, consequently, instead, nevertheless, nonetheless, however, therefore, at last, afterward, hence, thus, so, finally, in the meantime, then, next, at the same time, as a result, accordingly, in spite of, despite , moreover, furthermore, etc.

1

Finally he will meet the client  without heavy burden                                                     

(Akhirnya dia akan menemui klien tanpa beban yang berat )

2

As a result, he will bring it through the analyst   (Sebagai hasilnya, dia akan membawanya ke ahli analisis)

3

Afterward I must melt it in the stove with small fire.

(Kemudian saya harus melelehkannya di kompor dengan api kecil)


Tidak ada komentar: