Rabu, 02 Desember 2020

STRUKTUR KEBAHASAAN

    

  


PART 1
NOUN AND PRONOUN


A.   "KIND OF WORDS" ATAU  JENIS KATA

Word atau Kata adalah akar dari pembentukan kalimat. Kata digolongkan menjadi beberapa bagian antara lain kata benda (noun), kata kerja/predikat (Verb), kata sifat (Adjective), kata keterangan (Complement), kata depan (preposition), kata sambung (Conjunction).

1.        NOUN

Kata benda dalam bahasa Inggris disebut Noun. Kata ini terbagi menjadi dua yaitu kata benda yang dapat dihitung disebut Count Noun dan kata benda yang tidak dapat dihitung disebut Non Count NounCount Noun dikenal sebagai kata benda asli (original noun atau real noun), yang contohnya adalah Laptop, human, door, wall, tree, plant, bag, jacket, charger, handphone, antena, ball, net, pen, shock, school, animal, shoes, etc. Sementara  Non Count Noun dikenal sebagai kata benda abstrak (abstract noun) yang contohnya adalah number, thinking, opinion, success, air, breath, anger, damage, voice, hospitality, sight, feeling, agreement, advertisement, statement, heritance, country, loss, truth, honesty, innovation, creativity, jobless, challange, opportunity, weakness, responsibility, sugar, salt, water, etc.  Selain itu kata benda dapat digabung dengan kata sifat (adjective) disebut sebagai noun phrase. Frasa (phrase) sendiri bermakna dua kata yang digabungkan memiliki arti sendiri. Bahasa Inggris membentuknya seperti a man, a girl, some humans, few sugar, little bit salt, many buildings, the corner, the creative person, some good art design, more newspapers,  a crying baby, a bitter coffee, a sweet pumkin, any fresh air, some accomodations,  the noisy, and etc. Kata benda (Noun) ini biasanya berfungsi sebagai subyek atau obyek dalam kalimat. Letak subyek biasanya di depan kalimat sementara obyek biasanya terletak setelah kata kerja. Kata benda juga dapat dibentuk dari kata kerja dan  kata sifat dengan menggunakan imbuhan (suffix) di depan (prefix), tengah (infix), dan di belakang (affix). Beberapa contoh prefix yang umum digunakan bersama dengan maknanya (dapat dilihat di http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-prefixes-bahasa-inggris) , begitupun dengan contoh infix dapat dilihat di http://en.m.wikipedia.org  dan http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-infix-bahasa-inggris serta contoh affix

 

PREFIX

INFIX

SUFFIX

WORD

Dis-

-s

-ness

Disorder

Cupsful

Brightness

 In-

 

-dom

Inagurate

Wisdom

Im- 

 

-hood

Impatient

Brotherhood

En-

 

-ship

Endanger

Friendship

Em- 

 

-ment

Empower

Government

Ir-

 

-ful

Irritable

Powerful

Un-

 

-ous

Unable

Glossarius

Co-

 

-able

Cooperate

Capable

Be-

 

-ible

Beware

Accessible

a-

 

-ish

A long

Florish

Sub-

 

-ive

Submarrine

Creative

Pre-

 

-y

Preliminary

Moody

Mis-

 

-ize/-ise

Misunderstand

Characterize

Il-

 

-t/ed

Illegal

distinguished


2.    PRONOUN

Kata ganti benda dikenal dalam bahasa Inggris sebagai pronoun. Kata ini dapat menjadi pengganti kata benda. Biasanya pronoun yang berfungsi sebagai subyek manusia orang pertama yaitu I, orang kedua you, orang ketiga tunggal he, she atau orang ketiga jamak they, we; benda mati/hewan/tumbuhan diganti dengan it. Sementara pronoun yang berfungsi sebagai obyek manusia dapat dilihat di tabel bawah ini:

SUBJECT

OBJECT

I

me

You

you

She

her

He

him

They

them

We

us

It

it


Tidak ada komentar: